Rabu, 11 November 2009

Stop Dreaming

Stop Dreaming Start Action Merebak di Dunia Maya Ketika Kampanye Pilpres Pesta Besar Snmptn tinggal menunggu hasilnya diumumkan. Seorang Joko Susilo menebar Jargon yang merebak di Dunia Internet yaitu : Jargon Stop Dreaming Start Action! Saya sebagai konsultan ingin menyampaikan kepada Anda Wahai Para Pelajar yang Gigih : apa artinya Action bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam menembus Seleksi PTN yang demikian padat dan ketat.

Kami ingin mengajak Anda untuk mengambil sikap dan Action serta selalu beradaptasi dengan berbagai perubahan dalam sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Republik yang kita cintai ini, dengan cara ini maka Anda akan menciptakan kemujuran Anda sendiri. Tidak akan ada yang terjadi sampai Anda membuatnya terjadi, Semua tergantung diri Anda ! Melalui kekuatan pemikiran, keputusan, dan Action Andalah kesuksesan Anda dibentuk.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang Anda ikuti pada tanggal 1-2 Juli 2009 merupakan salah satu perjuangan Anda menggapai Impian Anda kuliah di PTN pilihan Anda. Kami salut dengan perjuangan Anda, tapi untuk kesuksesan SNMPTN memang bukan melulu hanya mengandalkan kepintaran (IQ). Sebagaimana Anda tahu bahwa Snmptn itu ibarat “pentas perang” buatan manusia yang menuntut lebih action dan dukungan Emotional Intellegency (IE), karena sifatnya yang multi-traps, daripada sekedar IQ – tanpa semua itu hasilnya pastilah kegagalan. Strategator Sun Tzu mengajarkan untuk menang perang Anda harus mengenal diri Anda, mengenali pesaing/musuh Anda, dan beraksi jika yakin Anda akan menang.
Walaupun Snmptn yang Anda ikuti merupakan salah satu harapan terbesar untuk menembus PTN harapan, tapi ternyata masih banyak Perguruan Tinggi Negeri yang membuka Seleksi seperti : Usm STAN, Kelas Internasional UI, Um Undip, Spmb Lokal Unsoed, Spmb Mandiri UNS, dan Smup Unpad Program Diploma.

Apabila Anda berniat untuk mengikuti Seleksi-seleksi PTN tersebut maka Anda harus berlatih soal-soal secara intensif dan berbasis sumber-sumber yang terpercaya. Inilah soal-soal asli yang bisa Anda ambil dan Anda koleksi :

  1. Soal-soal Umb PTN
  2. Soal-soal Smup Unpad
  3. Soal-soal Um Undip
  4. Soal-soal Um Ugm
  5. Soal-soal Usm STAN
  6. Soal-soal Simak UI

Kami yakin bahwa sebagian dari Anda memutuskan mengambil cadangan di PTN-PTN tersebut atau di PTS, dan juga kami sangat yakin bahwa sebagian besar dari Anda menunggu dengan penuh rasa penasaran terhadap hasil Snmptn 2009 tanpa tergiur oleh pilihan-pilihan seleksi PTN lainnya sebagai cadangan. Sikap ini pun saya nilai positip karena Anda mungkin sangat yakin dengan perolehan skor Anda atau bahkan mungkin terlalu terobsesi oleh kekuatan impian Anda.
Ingat Adik-adikku, Cita-cita Anda, burning desire, impian, tujuan, visi, atau apa pun jenisnya merupakan salah satu motor penggerak motivasi membangkitkan daya juang untuk menerobos berbagai kendala dan halangan yang merintangi jalan untuk menggapai PTN harapan Anda. Tetapi kalau impian Anda tidak memberikan dampak emosional kepada Anda, maka sesungguhnya ia telah berubah menjadi sekedar khayalan kosong yang tak berguna, waspadalah! Dan saatnyalah Anda menyudahi mimpi tak bertepi dengan sebuah Tindakan : Stop Dreaming Start Action!

Bagi semua peserta Snmptn 2009 terutama yang belum yakin terhadap hasil perjuangannya, janganlah duduk berpangku tangan : Ambilah Action saat ini juga untuk mewujudkan keyakinan dan peluang yang lebih besar menembus PTN harapan Anda.

  1. Ketahuilah prakiraan nilai Snmptn Anda dengan mencocokkan Jawaban Snmptn Anda dengan kunci Snmptn yang dibuat oleh Pembahas Soal Snmptn 2009. Dan jangan pernah takut untuk tahu berapa besar kira-kira perolehan skor Snmptn Anda.
  2. Hitunglah Skor Snmptn Anda, salah satu caranya ini kami berikan :
    Nilai Anda = 100/180 x 4 (benar – salah)
    Misalnya : Seorang A mengerjakan soal Snmptn 2009 Tes Bidang Studi Dasar. Peserta ybs mampu menjawab soal dengan rincian : Benar = 35, salah = 5, kosong = 5 dari jumlah soal 45, maka perolehan skornya dapat dihitung :
    100/180 x 4 (35) – 5 = 75%
  3. Dengan prakiraan nilai Snmptn Anda , Anda bisa menentukan rencana tindakan apa yang harus dilakukan. Apabila skor Anda cukup memadai (skor >50%), mungkin Anda akan duduk dengan manis :)menunggu Pengumuman Snmptn 1 Agustus 2009. Tetapi bagi Anda yang merasa nilai kurang baik, sebaiknya Anda segera mengambil tindakan (action) misalnya dengan mengambil cadangan di PTN yang masih menggelar seleksi.
    Ingatlah wahai Para Pejuang Snmptn! kini adalah masa self-reliance dan self-exploration. Anda dituntut untuk lebih adaptif dan fleksibel. Cermatlah terhadap setiap peluang seleksi PTN baru, apalagi kalau seleksi itu menawarkan Program Studi yang Anda inginkan yang berada di PTN yang Anda dambakan.

Action Dalam Usm STAN
Dalam banyak teori terutama psiko-biologi, kita manusia lahir didunia sebagai sosok makhluk yang genius. Dan hampir semua orang juga tahu bahwa kegeniusan kita ini di kendalikan oleh salah satu bagian tubuh kita berupa otak yang bekerja super unik yang dapat mengalahkan kemampuan komputer secanggih apapun di dunia. Kemampuan ini adalah milik anda, dan haruslah disadari sebagai potensi yang perlu dikembangkan supaya kemampuannya menjadi optimal. Tuhan maha adil, telah memberikan karunia berupa kemampuan yang luar biasa pada diri setiap manusia. Dan hendaknya kita mensyukuri nikmat itu dengan memberikan apa yang terbaik bagi perkembangan potensi kegeniusan tersebut.
Dalam persaingan perebutan kursi PTN via Usm STAN (atau bahkan Snmptn) ternyata fakta memperlihatkan bahwa banyak peserta yang pandai atau bahkan boleh dibilang jenius tapi ternyata mengalami kegagalan yang ironis. Fakta adalah bukan fantasia, fakta membuktikan terkadang rangking 1 di SMA paling top di Metropolitan, tapi bisa gagal Seleksi PTN. Terkadang rangkingnya biasa saja, Try Out juga tidak pernah lulus tetapi kenyataannya berhasil menembus Seleksi PTN. Itulah salah satu bukti kebesaranNya; manusia adalah manusia, -dengan segala kelemahannya; keberhasilan adalah keberhasilan, – hanya Tuhan-lah yang menentukan.
Kami yakin sebagian besar peserta Tes seketat Usm STAN atau Snmptn punya mimpi, mimpi yang besar untuk menembus PTN Idaman. Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah sesuatu yang benar-benar didambakan dan harapan orang tua juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri bila dapat lulus Seleksi PTN.
Tetapi pada kenyataannya mimpi hanya tinggalah mimpi dan tidak pernah menjadi kenyataan. Banyak dari para peserta yang hanya jadi pemimpi dan tanpa mencoba berbuat untuk mewujudkan mimpi dan harapannya itu. Oleh karena saran kami supaya Anda sukses, Lakukan : STOP DREAMING START ACTION for your success!
Dengan persaingan yang superketat dalam Usm STAN atau Snmptn memenangkan persaingan diperlukan kerja keras dan pintar serta strategi yang tepat, karena tanpa ini semua, bukan kesuksesan yang didapatkan tapi menemui kegagalan. Oleh karena itu action-lah Anda dengan dengan :

Begin From The End
Pepatah mengatakan “If you fail to plan you plan to fail”, jika Anda gagal membuat sebuah rencana, itu sama saja merencanakan kegagalan. Seperti halnya kesuksesan dibidang lain, energi terbesar kesuksesan di Usm STAN sangat ditentukan seberapa besar impian Anda untuk memasuki jurusan di PTN Kedinasan ini. Daripada banyak bermimpi lebih baik bersikap positif terhadap hal apapun merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keinginanmu. Jangan pernah pedulikan guru yang jelek mengajar, sekolah yang tidak mempunyai fasilitas, kemampuan yang serba terbatas. Fokuslah pada hal-hal yang positip bisa menunjang kesuksesan. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan tidak ada hentinya untuk berusaha mengejar ketinggalan. “Saya pasti bisa berhasil”, Saya pasti bisa, Saya pasti bisa memasuki STAN, Insya Allah!

Kuasailah Materi Ujian

Untuk dapat mengerjakan soal-soal Usm STAN dengan benar, salah satu cara terbaik adalah menguasai materi / konsep dengan sebaik-baiknya. Idealnya, peserta dapat menguasai semua materi Usm STAN. Akan tetapi hal ini sulit dilakukan bahkan dianggap tidak mungkin. Oleh karenanya, strategi yang mungkin yaitu pemahaman terhadap konsep-konsep yang terpenting, dan jika memiliki waktu baru meluas ke hal-hal yang mendetail. Buatlah target (goal setting) yang jelas pada setiap periode waktu. Pemahaman secara sistematis dan gradual seperti ini diharapkan dapat memperoleh hasil yang optimal. Berlatihlah Soal Tes Potensi Akademik dan Soal Bahasa Inggris Usm STAN, karena kedua mata ujian itulah yang akan diujikan di Usm STAN 2009!

Tentukan Strategi pemilihan jurusan
Sebaiknya setiap peserta Usm STAN sudah dapat menentukan jurusan apa yang akan dipilih di STAN. Dalam hal memilih jurusan harus disesuaikan dengan bakat dan minat. Strategi yang perlu dilakukan adalah:
Pertama, Ukurlah sejauh mana kemampuan yang dimiliki. Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang dimiliki yaitu dengan melakukan Try Out secara rutin atau melakukan simulasi di rumah. Setelah mengetahui nilai yang dapat dicapai, barulah ditentukan jurusan yang tepat.
Kedua, kenali jurusan-jurusan yang ada di STAN, terutama jurusan-jurusan yang diinginkan.
Ketiga, tempatlah jurusan impian (optimistis) pada pilihan 1, dan pilihlah pilihan kedua dijurusan yang aman, tetapi masih mempresentasikan keinginan.
Keempat, mintalah dukungan dari orang tua, saudara, teman dekat atau seseorang yang teramat spesial untuk memberikan spirit demi terwujudnya impian Anda. Selain itu perlu juga dipertimbangkan tentang biaya hidup, tempat tinggal, keadaan lingkungan / sistem pergaulan dsb.

Siapkan Mental Anda

Kesiapan mental diperlukan bukan hanya ketika pelaksanaan Usm STAN, tetapi pada saat kapanpun termasuk ketika akan belajar. Lelah psikis seperti bosan, jenuh, dan sejenisnya akan mengganggu rencana belajar dan ketika hari H Usm STAN. Cari penyebab kelelahan psikis (interospeksi diri), apa sebenarnya yang membuat bosan, jenuh dan hilang konsentrasi. Ada masalah dengan keluarga, teman, tetangga atau mungkin pacar ? Jika ada, selesaikanlah permasalahan itu dengan baik-baik. Hindari bentrokan, karena hal ini akan menambah beban mental, bila perlu mengalah dulu demi kemenangan Anda sendiri. Ingat kembali hal-hal yang menarik dan menyenangkan jika Anda nanti lulus Usm STAN. Misalnya : Anda bisa kuliah tanpa biaya, dapat memenuhi harapan orang tua atau mungkin harapan masa depan yang cerah dan penuh kebahagiaan bersama orang-orang yang kita cintai.

Lakukan Pendekatan diri kepada Allah SWT. secara lebih intensif

Setelah usaha maksimal dilakukan, maka hendaknya semuanya diserahkan kepada Allah SWT. Sebesar apapun impian kita, mustahil akan berhasil tanpa ridhoNya. Pendekatan diri kepada Allh SWT dan berdoa agar dalam belajar mudah memahami materi pelajaran, ketika memilih jurusan dan pada pelaksanan Ujian Usm STAN diberikan kemudahan dan dijauhkan dari kesalahan dan kesalahan yang mungkin terjadi karena kealpaan.
Fakta Kelulusan Usm STAN 2009 memperlihatkan bahwa hanya sekitar 10 persen yang bisa lulus seleksi. Mereka yang 10% itu benar-benar beruntung. Keberuntungan mereka ditunjang oleh keyakinan sukses dan didukung oleh tindakan nyata, Mereka tidak hanya bermimpi sukses di STAN tapi mereka benar-benar berbuat banyak untuk kesuksesannya. Mereka lebih menomorsatukan tindakan daripada mimpi mereka. Oleh karena itu agar Anda juga Sukses di Usm STAN, atau Snmptn, atau juga berbagai seleksi PTN Jalur khusus yang masih digelar, Saran kami : Ucapkan kata : Stop Dreaming Start Action Seperti kata Joko Susilo : Rasakan bagaimana adrenalin dalam tubuh anda bekerja. Mengalir deras menganak sungai ke sekujur tubuh anda. Dan lihat…! Bagaimana tiba-tiba tubuh anda yang semula lesu menjadi bergairah. Kedua tangan anda yang tadi lunglai tak bertenaga sekarang mulai terangkat dan ACTION.
Let action in the Usm STAN, let success smup UNPAD diploma exam, do not be afraid with the selection UI, take a seat in Undip, Are You Ready? Go! Fight! and Win!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar